Badut Maskot Perusahaan

Pentingnya Badut Maskot Perusahaan

Badut maskot perusahaan sering kali kita jumpai di berbagai acara promosi. Mereka digunakan untuk menarik perhatian, sehingga akan memudahkan suatu perusahaan menjaring banyak konsumen.


Badut Maskot perusahaan bisa berbentuk benda apa saja. Seperti berbentuk manusia, binatang, buah, tanaman atau objek lainnya yang merepresentasikan produk atau logo perusahaan.


Biasanya, badut maskot juga memiliki nama panggilan yang sesuai karakter dari ikon tersebut. Sebagian besar dari kita pasti mengenal beberapa nama maskot seperti, Maskot Albi yang merupakan maskot lebah Alfamart.

Dalam sebuah produk, lambang atau simbol maskot digunakan sebagai media promosi sehingga lebih banyak orang yang nantinya tertarik untuk melihat, mengunjungi atau membeli produk tersebut. Pentingnya fungsi ikon dalam suatu produk membuat produsen tidak boleh sembarangan dalam memilihnya, bahkan mereka harus mengenal lebih jauh tentang apa itu maskot.

Asal Usul Maskot

Pertama kali, organisasi yang banyak menggunakan lambang adalah organisasi olahraga. Mereka menggunakan hewan sebagai bentuk ikon untuk memberikan kegembiraan bagi para penonton. Sebelum menjadi ikon fiksi, kebanyakan ikon hewan digunakan untuk menimbulkan rasa takut pada tim lawan karena suasana permainan yang berubah menakutkan.


Seiring berjalannya waktu, pada pertengahan abad ke-20 ikon berevolusi dari hewan predator menjadi fantasi dua dimensi hingga akhirnya menjadi ikon tiga dimensi. Sehingga menghasilkan ide boneka berkostum seperti yang kita kenal kini yaitu badut maskot.


Dengan adanya maskot ini, penonton tidak hanya bisa menikmati visualnya saja, tetapi juga bisa berinteraksi secara fisik. Dari sinilah banyak produsen yang mulai menyadari potensi besar dari ikon tiga dimensi atau maskot ini. Inilah mengapa badut maskot perusahaan menjadi suatu kebutuhan di dunia industri dan lainnya.

Etimologi kata Maskot

Sebelum mengenal lebih jauh tentang badut maskot perusahaan, ada baiknya kita mengetahui makna dari kata tersebut. Kata tersebut yang berasal dari bahasa Prancis, yaitu mascotte. Istilah ini memiliki arti yaitu jimat keberuntungan. Sehingga diharapkan dengan kehadiran badut maskot mampu membawa keberuntungan bagi sebuah perusahaan atau suatu acara.


Kata maskot dipopulerkan oleh seorang komposer Prancis bernama Edmond Audran dalam opera La mascotte pada tahun 1881, meskipun istilah ini pertama kali direkam pada tahun 1867. Baru kemudian pada tahun 1881 kata tersebut masuk dalam bahasa Inggris.


Sebelumnya, kata maskot sudah dikenal oleh masyarakat Prancis. Istilah tersebut sebagai kata gaul yang sering digunakan para penjudi. Karena mascotte merupakan turunan dari kata masco yang berarti penyihir. Kata maskot sempat dikaitkan dengan benda mati, seperti seikat rambut, boneka sebelum abad ke-19, tapi setelah itu lebih sering dikaitkan dengan hewan atau benda keberuntungan, lainnya.

Ayo, wujudkan badut maskot perusahaan di Maskot Galeri. Kami selalu siap membantu Anda. Apa pun jenis usahanya, bisa kami buatkan badut maskotnya. Tunggu apalagi, segera hubungi kami ya!