Bahan Boneka Untuk Membuat Boneka

Bahan Boneka

boneka 2

Boneka terbuat  dari bahan boneka yaitu kain yang lembut. Tujuannya adalah agar nyaman ketika memegangnya. Jenisnya pun sangat beragam, juga pilihan warna yang bisa dipilih. 

Pesan boneka CUSTOM murah hanya di maskot galeri
Material Berkualitas & Tersedia Aneka Desain Karakter bisa custom
pesan sekarang & raih PROMO boneka TERBATAS

Pembuat boneka selalu memperhatikan bentuk dan ukuran desainnya dengan bahan yang digunakan. Setiap jenis bahan mempunyai kecocokan untuk produk boneka tertentu. Oleh karena itu harus pandai memilih bahan yang digunakan untuk membuat boneka. 

Maskot Galeri : Pabrik Boneka Terbaik

boneka

Maskot Galeri adalah boneka terkenal yang menjual dan menerima pesanan berbagai jenis boneka. Kualitas produk tidak diragukan lagi. Bahan yang digunakan juga memiliki kualitas terbaik. 

Pesan boneka CUSTOM murah hanya di maskot galeri
Material Berkualitas & Tersedia Aneka Desain Karakter bisa custom
pesan sekarang & raih PROMO boneka TERBATAS

Pengalamannya dalam memproduksi aneka boneka yang dibuat banyak pilihan. Anda dapat mengunjungi website kami  untuk melihat produk dan mendapatkan penawaran terbaik. Bahan boneka berkualitas yang digunakan untuk membuat boneka menjadi jaminan bahwa Maskot Galeri adalah produsen terbaik. Kami juga melayani pemesanan secara custom sesuai kebutuhan pelanggan. Segera hubungi kami untuk mendapat produk terbaik.

Bahan Boneka yang Biasa Digunakan oleh Pabrik Boneka

boneka 1

Pabrik besar biasanya sudah mempunyai distributor bahan yang sesuai dengan standar. Beberapa khusus didatangkan dari luar negeri karena di Indonesia tidak ada stok ketersediaanya. 

Pesan boneka CUSTOM murah hanya di maskot galeri
Material Berkualitas & Tersedia Aneka Desain Karakter bisa custom
pesan sekarang & raih PROMO boneka TERBATAS

Hal ini tentu berpengaruh pada harga jual produk tersebut. Namun pembeli tetap berminat karena kualitas bahan dan produknya yang pasti terjamin. Mengeluarkan uang lebih untuk barang terbaik, tentu bukan masalah. Karena dengan terbaik, pastinya produk memiliki kualitas jauh lebih baik, dan juga awet. 

  • Flanel

Bahan yang satu ini merupakan item yang paling sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Bahkan anak TK dan SD tidak jarang berkreasi membuat produk keterampilan dari flanel. Flanel mempunyai tekstur lembut dan sedikit berbulu.

Warnanya yang sangat variatif membuatnya menarik untuk dibuat menjadi produk hiasan. Cara menyatukannya pun sangat mudah. Anda cukup menjahit  dengan tangan menggunakan jarum ukuran kecil. Sebenarnya flanel juga bisa dengan dilem, namun dengan proses jahit tangan inilah, produk boneka yang dihasilkan lebih rapi dan terstruktur. 

Kain jenis ini sudah ada sejak 6500 SM di Turki. Flannel sangat cocok untuk membuat produk detail berukuran kecil. Ada juga desainer pakaian anak-anak yang menggunakannya untuk aplikasi atau hiasan baju. 

Harga selembar kain jenis ini cukup terjangkau. Selain di toko perlengkapan jahit, kain jenis ini dapat dibeli di toko peralatan sekolah atau ATK. Tentu hal ini dikarenakan flanel sering menjadi bahan untuk membuat prakarya di sekolah.

  • Rasfur

Bahan ini paling mahal dibanding dengan yang lain. Hal ini berpengaruh pada nilai jual boneka berbahan rasfur ini. Teksturnya berupa bulu-bulu dengan sedikit keriting. Semakin panjang dan tebal bulunya, maka harganya pun bertambah mahal.

Rasfur sering menjadi bahan untuk membuat boneka beruang berbagai ukuran. Selain itu juga digunakan untuk membuat kasur santai dan bantal.

Sebenarnya cara perawatannya agak repot. Kain rasfur dapat menjebak debu sehingga mudah kotor. Oleh karena itu, boneka harus dibersihkan secara berkala. Sebaiknya bawa ke laundry profesional agar tidak cepat rusak. 

  • Perca

Bahan boneka selanjutnya adalah perca. Perca adalah bahan sisa dari produk lain. Dengan kombinasi yang tepat, bahan ini justru dapat menghasilkan boneka unik dan menarik. Kelebihannya bahan perca ini, satu item dengan yang lain tidak bisa sama persis tergantung corak bahan yang digunakan.

Meski dari kain sisa, bukan berarti kurang berkualitas. Pabrik boneka justru sering mendapatkan bahan terbaik dengan harga murah sehingga menekan biaya produksi boneka. 

  • Nilex

Kualitas bahan nilex termasuk kurang baik jika dibanding bahan yang lain. Teksturnya kasar dan panas, oleh karena itu harganya paling terjangkau. Nilex biasa digunakan untuk membuat boneka berukuran agar besar. 

Kualitasnya yang rendah membuat bahan boneka nilex tidak awet. Contoh boneka yang dihasilkan biasanya berupa Ipin Upin, Mickey Mouse dan lainnya. Meski demikian banyak pengusaha boneka yang  menggunakan bahan ini.

Jenis ini juga termasuk mudah rusak. Bagian pinggir sering terlepas yang menyebabkan boneka menjadi sobek. Selain boneka, nilex juga digunakan untuk membuat bantal dan guling. 

  • Faux

Faux merupakan bahan boneka berkualitas tinggi. Oleh karena itu harga jual produknya juga mahal. Bahan ini tidak ada di pasar lokal. Semua yang tersedia di toko merupakan barang impor.

Tekstur faux sangat lembut dengan bulu panjang berkualitas. Sekilas bahan ini seperti kulit binatang asli. Boneka berkualitas dibuat dengan menggunakan  bahan pilihan ini. Terdapat beberapa jenis faux. Dan masing-masing jenis mempunyai standar kualitas tertentu. 

  • Benang Rajut

Benang rajut bukan hanya dapat untuk membuat tas dan pakaian. Bahkan perajut yang handal justru bebas berkreasi dengan menggunakan benang rajut menjadi berbagai jenis boneka keren.

Jenis benang ini pun bermacam-macam. Untuk keperluan produk pakaian biasanya menggunakan benang rajut berbahan lembut dan nyaman di kulit seperti wool atau cotton.

  • Snail

Bulu-bulu pada snail sangat lucu, menyerupai keong dan agar panjang melingkar. Boneka yang terbuat dari bahan ini sangat nyaman untuk dipegang. Oleh karena itu pembuat boneka sering menggunakannya untuk produk ukuran kecil.

Kualitas dari bahan boneka snail cukup bagus yaitu bulu-bulunya tidak mudah rontok. Warna yang tersedia pun sangat banyak. Mulai dari yang soft sampai warna terang.

  • Pelet plastik

Pelet merupakan bahan untuk mengisi boneka. Bentuknya berupa butiran kecil berwarna putih. Dengan menggunakan bahan ini, maka boneka kain dapat berdiri dengan pellet sebagai pemberat.

Jangan pernah melubangi bahan atau melepas jahitannya. Pelet dapat berhamburan keluar. Boneka dengan isi pelet lebih berat dibanding jika isinya berasal dari dacron.

  • Dacron

Bentuk dacron hampir mirip dengan kapas tetapi lebih lembut dan licin. Jenis bahan ini sangat empuk. Biasanya berwarna putih terang. Dacron biasa menjadi pengisi boneka sehingga lebih nyaman dipegang.

Karakter dacron akan mengempis ketika mendapat tekanan dan mudah mengembang kembali begitu dilepaskan. Produk boneka berkualitas biasanya menggunakan bahan isian ini.

Sedangkan untuk jenis boneka yang kasar biasanya diisi dengan potongan halus kain perca atau bahan limbah lain. Tentu saja hal ini membuat pemakainya menjadi kurang nyaman.

  • Mohair

Mohair juga merupakan bahan impor. Produk yang menggunakannya tentu dibanderol dengan harga lebih tinggi. Meski demikian, banyak yang membeli karena memang bahannya berkualitas.

Tekstur mohair hampir mirip faux namun kualitasnya berada di bawahnya. Ketika tangan menyentuh permukaannya terasa sangat lembut. Meski produk boneka dengan menggunakan bahan mohair lebih mahal namun boneka dengan bahan ini memiliki banyak peminatnya. 

  • Yelvo

Yelvo merupakan bahan dengan bulu sangat lembut dan halus. Hampir semua orang menyukai barang yang terbuat dari bahan ini. Warnanya pun sangat bervariasi. 

Selain boneka, yelvo juga sering digunakan untuk membuat bantal santai, bantal leher dan guling. Untuk motif sendiri, dengan cara printing dapat dibuat sesuai keinginan.

Bantal dengan nama atau foto pemesan banyak yang terbuat dari yelvo seratnya membuat pewarnaan dapat dilakukan dengan mudah. Hiasan lain pun banyak yang menggunakan yelvo.  

  • Velboa

Jenis bahan ini hampir mirip dengan yelvo. Perbedaannya adalah pada bulu yang lebih panjang namun tetap lembut. Meski demikian, cara membersihkannya sangat mudah. 

Velboa juga aman bagi anak-anak. Hanya dengan sedikit menyikat menggunakan alat yang lembut dan aman terhadap bulu, boneka dan barang lain yang terbuat dari velboa akan kembali bersih. Oleh karena itu banyak yang memilihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *