Boneka Custom dan Perkembangannya dari Masa Ke Masa

Boneka Custom

teddy bear

Boneka custom adalah boneka yang desainnya berdasarkan pesanan customer. Tidak hanya desain, ukuran dan warna pun biasanya sesuai dengan Adult Games keinginan dari pemesan.

Pembuatan boneka jenis ini biasanya memakan waktu yang agak lama, sehingga untuk pemesanannya dilakukan secara pre order.

Jenis Boneka

pabrik boneka

Seperti yang telah tertera di atas, boneka custom merupakan boneka yang pembuatannya berdasarkan pesanan customer. Mulai dari desain, bentuk, model, ukuran bahkan warna.

Beberapa jenis boneka custom yang umumnya merupakan pesanan customer memiliki model sebagai berikut :

1. Boneka promosi untuk perusahaan
Manfaat dari boneka promosi yakni sebagai simbol, lambang atau karakter dari sebuah brand atau produk dari perusahaan tersebut visit adventure. Biasanya boneka ini lengkap dengan logo kantor dan pelaksanaan event.


2. Custom boneka dengan jenis atau tipe profesi
Untuk jenis boneka custom profesi contohnya adalah, boneka tentara, dokter, polisi, sampai wisudawan. Pemberian boneka ini biasanya sebagai hadiah bagi orang – orang terdekat.


3. Jenis custom untuk souvenir ulang tahun, pernikahan atau hajatan lainnya
Perayaan ulang tahun, pernikahan atau hajatan lainnya akan terasa kurang lengkap tanpa adanya sebuah souvenir. Salah satu bentuk souvenir unik dan menarik untuk acara – acara tersebut adalah boneka desain sendiri.

Bagi Anda yang menginginkan boneka dengan desain sendiri untuk souvenir, Anda bisa menghubungi jasa pembuatan custom boneka. Silahkan cari informasinya melalui mesin pencari atau Anda bisa langsung menuju website kami.


4. Boneka Custom Maskot
Umumnya pemakaian jenis custom boneka maskot tampak pada acara peluncuran merek untuk konsumen, pers conference dan pada pertandingan olahraga.

Selain itu custom maskot juga bisa tampak pada acara pembukaan galeri baru, pada acara wisata atau acara penggalangan dana.

Itulah empat jenis boneka custom yang umum pada kalangan masyarakat. Setelah mengetahui hal ini, selanjutnya akan lebih baik jika Anda juga mengetahui bagaimana sejarah boneka dari masa ke masa.

sejarah boneka

pabrik boneka

Kata boneka berasal dari bahasa Portugis yaitu boneca. Boneka merupakan salah satu produk mainan anak dengan beragam bentuk. Ragam bentuk tersebut mulai dari figur hewan, sayur, buah-buahan bahkan manusia.

Boneka telah ada sejak zaman dahulu yakni ribuan tahun yang lalu. Bentuknya sangat sederhana dan terbuat dari bahan – bahan alami misalnya kayu, tanah liat, tulang, gading, kulit atau batu.

Untuk boneka berbahan kain baru muncul pada tahun 300 SM. Pembuatan boneka jenis kain berasal dari orang Romawi. Boneka ini biasanya untuk ritual dan upacara tertentu.

Sedangkan boneka untuk bermain hadir pertama kali di Yunani pada abad ke-10 Masehi. Terdapat catatan bahwa di Yunani ada seorang anak kecil yang sering bermain dengan bonekanya.

Perkembangan boneka modern berawal dari produksi massal oleh negara Jerman pada abad ke-15 Masehi. Bahannya terbuat dari porselen dan plastik. Terhitung sejak itulah boneka mulai berkembang.

Sejak mengalami perkembangan boneka hadir dengan ciri khasnya masing-masing. Boneka dari Rusia bernama Matryoshka, boneka Jepang bernama Kokeshi. Ada juga boneka tentara kerajaan Inggris dan boneka tanpa wajah sebagai khas orang Amish. Namun, meski sudah berkembang, jenis boneka custom belum ada pada saat itu. Produksi boneka masih terfokus pada bentuk yang merupakan khas negara masing-masing.

Perkembangan boneka

pabrik boneka

Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut adalah perkembangan boneka dari masa ke masa.

1. Tahun 300 – 600 Sebelum Masehi
Boneka kuno tertua tercatat pada tahun 300 sebelum masehi. Saat itu boneka terbuat dari tanah liat, tulang juga patahan kayu. Pada zaman ini, penggunaan boneka bukan sebagai teman bermain tapi sebagai pelengkap kegiatan ritual.

1. Tahun 300 – 600 Sebelum Masehi
Boneka kuno tertua tercatat pada tahun 300 sebelum masehi. Saat itu boneka terbuat dari tanah liat, tulang juga patahan kayu. Pada zaman ini, penggunaan boneka bukan sebagai teman bermain tapi sebagai pelengkap kegiatan ritual.

Pada zaman ini, anak-anak harus memiliki boneka. Fungsinya adalah untuk persembahan kepada Dewa Artemis saat anak tersebut menikah. Bagi Mesir kuno, boneka juga merupakan persembahan untuk menggantikan kurban manusia.

Hingga pada tahun 600 SM, boneka sudah berupa figur manusia yang menggunakan pakaian dari kain. Figur boneka manusia ini juga lengkap dengan kaki dan tangan yang dapat bergerak.

Meski sudah mengalami sedikit perkembangan, boneka pada zaman ini masih memiliki fungsi sebagai pelengkap kegiatan ritual.

2. Abad 14 – 16

Pada abad ini boneka sudah mulai memasuki kawasan Eropa. Bentuk dan bahan pembuatan boneka sudah mengalami kemajuan. Saat abad ini, boneka dengan bentuk figur manusia sudah tampak halus, cantik  serta tampan.

Pemanfaatannya pun tak lagi hanya sebagai pelengkap ritual. Melainkan untuk dunia mode. Ketika ada mode pakaian yang tengah naik daun, maka boneka tersebut akan memakai mode pakaian yang ada. 

Dari sinilah mulai tampak adanya penggunaan boneka custom. Saat memasuki abad ke-15, produksi boneka sudah mulai banyak. Fungsinya pun perlahan bergeser lagi. kali ini tak hanya untuk kebutuhan mode tapi juga untuk mainan anak-anak.

Sejarah mencatat, negara yang pertama kali memiliki ide membuat boneka untuk mainan anak adalah Jerman. Setelah itu, mulai bermunculan produsen boneka dari negara Prancis, Inggris, Belanda serta Italia.

Kemudian pada tahun 1636, lahirlah boneka wanita pertama yang menggunakan rambut yang berasal dari rambut manusia.

3. Boneka pada abad 17 – 18
Perkembangan zaman pada abad ke 17 – 18 mempengaruhi produksi boneka. Pada abad ini boneka tak hanya berupa wanita cantik yang memiliki kulit halus. Boneka juga memiliki bentuk seperti seorang bayi yang bisa menangis.

Tak hanya itu, boneka bayi juga bisa mengeluarkan suara dan perkataan seperti mama atau papa. Hal ini karena boneka telah lengkap dengan kotak suara, sehingga saat ditekan dengan jari boneka akan mengeluarkan suara seperti tadi.

Bahan pembuatan boneka pun tak lagi dari kayu atau tanah liat. Namun sudah menggunakan kulit lembut (soft leather) serta lilin. Penggunaan lilin pada boneka membuatnya benar-benar tampak memiliki kulit seperti manusia.

4. Perkembangan boneka abad 19 – 20

Ada beberapa boneka yang begitu terkenal pada abad ini. Sebut saja boneka Kewpie tahun 1913, boneka Raggedy Ann tahun 1919 serta Bye-Lo Baby tahun 1922. Pada masa ini, rupa boneka sudah lebih beragam layaknya wajah manusia.

Ada yang memiliki lesung pipi, bulu mata lentik serta kuku yang berwarna-warni. Setelah kehadiran tiga boneka populer tadi, hadirlah sebuah boneka yang selanjutnya merupakan simbol kejayaan abad ini yaitu boneka barbie.

Bahan pembuatan boneka ini menggunakan plastik serta vinil. Keberadaan boneka barbie benar-benar mendunia dengan ragam warna kulit serta jenis kelamin. Selain barbie, ada juga boneka lain yang mulai meramaikan dunia mainan anak-anak.

Boneka ini merupakan boneka custom dengan rancangan dari produsen yang telah mengalami penyesuaian terhadap kebutuhan pelanggan.

Inilah sedikit ulasan tentang boneka jenis custom serta sejarah boneka dari masa ke masa yang perlu Anda ketahui.

Bagi Anda yang sedang mencari jenis boneka custom, Anda bisa memesannya di Maskot Galeri. Kami memiliki beragam bentuk boneka dengan bahan terbaik dan tentunya harga yang terjangkau. Anda bisa langsung mengunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut.

3 Replies to “Boneka Custom dan Perkembangannya dari Masa Ke Masa”

Leave a Reply

Your email address will not be published.