Cara Mencuci Boneka yang Baik dan Benar

Cara Mencuci Boneka

mencuci boneka

Bagi sebagian orang, memiliki boneka dianggap sebagai hal yang berharga. Sebab, boneka juga menjadi salah satu benda kesayangan bagi sebagian orang. Biasanya, benda ini sering digunakan sebagai pajangan, koleksi atau bahkan teman saat tidur.

Karena memiliki bulu lebat, boneka yang dimiliki harus dijaga kebersihannya agar tak menyebarkan penyakit. Salah satu cara menjaga kebersihannya adalah dengan mencuci boneka. Tapi, bagaimana cara mencuci boneka yang baik dan benar? Simak informasi yang telah disusun Maskot Galeri, yuk!

Alternatif Cara Merawat Boneka

cara mencuci

Cara diatas merupakan cara yang biasa digunakan sebagian besar pemilik boneka. Namun, ada juga alternatif mencuci boneka yang bisa Anda gunakan. Berikut informasinya.

  1. Menggunakan Baking Soda

Cara ini mungkin terdengar asing bagi pemilik boneka. Namun siapa sangka, baking soda mampu membersihkan noda-noda yang ada pada boneka Anda. Caranya sangat mudah, cukup campurkan tiga sendok teh baking soda dengan dua tetes minyak peppermint ke dalam wadah kemudian aduk hingga tercampur. 

Kemudian, Anda bisa menggunakan campuran baking soda dan minyak tadi ke area boneka yang kotor. Pastikan Anda menggosok dengan sikat gigi dan gosoklah secara lembut dan hati-hati.

  1. Racikan Sabun

Alternatif cara mencuci boneka yang lainnya adalah dengan menggunakan sabun mandi. Pastikan Anda menggunakan sabun mandi yang lembut.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan racikan sabun sendiri yang terdiri dari satu sendok teh ammonia, dan tiga sendok makan sabun cuci piring atau sabun mandi. Setelahnya, campur kedua bahan tersebut ke dalam wadah dan aduk hingga merata

Kemudian Anda juga bisa menggunakan campuran deterjen cair dan alkohol. Jika sudah tercampur dengan merata, Anda bisa menggosokkannya ke bagian boneka yang terdapat noda.

Tutorial Mencuci Boneka Secara Manual

boneka

Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengetahui cara mencuci boneka secara manual pada bagian-bagian tertentu adalah sebagai berikut:

  • Larutkan deterjen cair secukupnya ke dalam air
  • Kemudian gunakan sikat gigi bekas lalu basahi dengan larutan deterjen tadi, setelahnya gosok area noda hingga bersih
  • Setelah itu bilas sikat, lalu Anda bisa menggunakannya untuk membilas boneka tanpa harus membuatnya basah
  • Jika memang sudah dirasa bersih, baru kemudian dikeringkan di bawah terik matahari

Apabila Anda ingin mencuci boneka secara menyeluruh menggunakan cara manual, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Larutkan deterjen cair secukupnya ke dalam air suam-suam kuku atau yang bersuhu rendah (dingin)
  • Lepaskan aksesoris atau pakaian boneka dan cuci secara terpisah
  • Masukkan boneka ke dalam cairan deterjen yang sudah dilarutkan, dan pastikan boneka terendam secara menyeluruh
  • Goyangkan boneka secara perlahan agar kotoran dapat terlepas
  • Angkat boneka jika dirasa sudah bersih dan bilas boneka Anda dengan air dingin hingga tidak ada buih
  • Setelah itu, tekan boneka dengan halus menggunakan kedua tangan agar air di dalamnya tak terlalu banyak lalu keringkan menggunakan handuk kerik sebelum menjemurnya di bawah terik matahari.

10 Cara Mencuci Boneka yang Baik & Benar

cara mencuci boneka
  1. Lakukan Pembersihan Manual

Sebelum Anda mencuci boneka secara menyeluruh, Anda bisa membersihkan boneka dengan cara manual.

Caranya adalah, ketika Anda menjumpai kotoran pada bulu-bulu boneka, gunakan kain basah lalu gosok ke permukaan boneka secara perlahan dan hati-hati. Sebaiknya, Anda menggunakan kain warna putih agar tidak luntur dan mengotori warna bulu boneka.

Jika memang dirasa sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan campuran shampo dan air dingin, dan gosok hingga bersih. Penggunaan shampo dibanding sabun lebih baik dalam menghilangkan area yang kotor.

Jika dirasa sudah kering, Anda bisa mengeringkannya dengan handuk kering.

  1. Periksa Label Boneka

Langkah awal yang harus Anda perhatikan adalah dengan mengecek label yang terdapat di boneka. Pada umumnya, label akan berisi informasi tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada boneka. Dari informasi tersebut, Anda bisa akan tahu bagaimana cara mencuci boneka sesuai dengan informasi yang ada di label.

Perlu diingat, ketika mencuci boneka sebaiknya Anda menggunakan air bersuhu renda (dingin).

Nah, jika dirasa sudah cukup mengetahui, Anda tinggal menggunakan metode mencuci boneka menggunakan cara manual atau bisa dengan menggunakan mesin cuci. Ingat, periksa kembali informasi yang ada di label, apakah boneka yang sudah dicuci boleh dimasukkan ke dalam mesin pengering atau tidak.

  1. Gunakan Penyedot Debu

Jika label yang terdapat pada boneka tidak memperbolehkan pencucian dengan mesin cuci. Anda bisa menggunakan cara lain, yakni dengan memanfaatkan mesin penyedot debu.

Caranya cukup mudah, masukkan boneka Anda ke dalam kantong plastik atau sarung bantal lalu kemudian vakum boneka Anda dengan mesin penyedot debu.

Alat ini efektif dalam menyedot kotoran dan debu yang menempel pada bulu-bulu boneka. Saat proses pembersihan, biasanya boneka akan mengalami perubahan bentuk. Namun tenang saja, boneka akan kembali seperti sedia kala saat proses pembersihan usai.

  1. Periksa Seluruh Bagian Boneka

Langkah kedua dan menjadi langkah krusial adalah, melakukan pemeriksaan apakah ada cacat pada permukaan boneka. Pastikan juga agar tidak ada bagian yang cacat, robek, ataupun rusak. Tujuan dilakukan pengecekan adalah untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi akibat pencucian boneka.

Misalnya jika Anda menemukan permukaan yang robek, alangkah baiknya jika Anda menjahitnya terlebih dahulu agar busa atau kapas yang ada di boneka tidak keluar. Di sisi lain, periksa juga aksesoris seperti kancing, mata atau yang lainnya dalam kondisi baik. Jika dalam kondisi yang hampir lepas, perbaiki terlebih dahulu.

  1. Lepas Aksesoris Jika Menggunakan Mesin Cuci

Jika Anda mencuci dengan menggunakan mesin cuci, alangkah lebih baik untuk melepas aksesoris yang menempel pada boneka. Misalkan seperti baju, sepatu, topi dan lain sebagainya. Tujuannya adalah, agar boneka bersih menyeluruh ketika sudah dicuci.

Jika ingin mencuci aksesoris boneka, Anda bisa memisahkannya dan memasukkan ke dalam kain atau sarung bantal terlebih dahulu baru kemudian disatukan dengan boneka yang ingin dicuci.

  1. Gunakan Kain Sebagai Pelindung

Ketika Anda mencuci boneka, tujuannya adalah agar boneka tersebut bersih kembali. Anda tentu tidak ingin jika aktivitas mencuci boneka justru merusak boneka Anda.

Apalagi, jika boneka Anda memiliki bulu yang rapuh dan lebat. Ketika Anda memasukkannya tanpa adanya pelindung, maka kemungkinan besar boneka Anda akan mengalami kerusakan. Untuk itu, gunakan kain sebagai pelindung boneka untuk meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh aktivitas mencuci boneka.

  1. Gunakan Sabun Cuci yang Ringan

Saat mencuci boneka, penggunaan sabun cuci juga sangat mempengaruhi. Pastikan Anda tidak menggunakan sabun cuci yang tidak mengandung pelembut pakaian.

Sebab, penggunaan pelembut pakaian biasanya hanya akan membuat bulu dan warna boneka menjadi luntur dan cepat rusak.

  1. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Jika informasi pada label boneka tidak boleh menggunakan mesin pengering. Anda bisa mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan di bawah sinar matahari. Sebelum melakukannya, Anda bisa menekan boneka secara halus agar air yang masih ada di dalam boneka bisa berkurang.

  1. Sisir Bulu Boneka Setelah Kering

Jika boneka Anda sudah kering, pastikan kembali untuk menyisir bulu boneka. Biasanya, proses pencucian bisa menyebabkan bulu boneka menjadi tidak beraturan dan kusut. 

Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan sisir tumpul seperti yang digunakan pada hewan peliharaan.

  1. Gunakan Pewangi

Setelah rangkaian mencuci boneka selesai, Anda bisa mengaplikasikan pewangi atau pengharum ruangan untuk menjaga boneka Anda tetap wangi setelah dicuci.

Keunggulan Boneka dari Maskot Galeri

maskot

Setelah menyimak informasi mengenai cara mencuci boneka. Kami akan mengajak Anda untuk mengetahui keunggulan Boneka yang diproduksi oleh Maskot Galeri.

  1. Bahan Berkualitas

Siapa sih, yang tidak menginginkan produk yang berkualitas. Bagi Anda yang ingin membuat boneka, apapun tujuannya. Serahkan saja kepada Maskot Galeri yang sudah berpengalaman dalam memproduksi boneka.

Kami tentu saja selalu mengutamakan kualitas yang terbaik, tentunya dengan memberikan harga yang kompetitif dibanding para kompetitor kami.

  1. Pemesanan yang Mudah

Jika Anda masih menggunakan cara konvensional dalam memesan boneka, segera sudahi kebiasaan tersebut. Dengan memesan di Maskot Galeri, Anda tak perlu lagi memesan dengan cara tersebut.

Cukup dengan menghubungi tim kami di nomor WhatsApp 0822-8855-6633, pesanan Anda akan segera diproses oleh tim kami, tanpa harus Anda mengunjungi workshop kami.

  1. Proses Produksi yang Tepat Waktu

Sebagai produsen boneka, kami selalu menghargai waktu. Karena bagi kami, waktu adalah uang dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Untuk itu, sebelum kami memproses pesanan Anda. Kami selalu mengabarkan kepada Anda, terkait berapa lama estimasi waktu yang kami butuhkan dalam proses produksi.

Kami menjamin, tidak akan mengalami keterlambatan dalam proses produksi. Sebab, tim produksi kami sudah berpengalaman dalam memproduksi pesanan dalam skala kecil, menengah, atau besar.

Nah itulah, cara mencuci boneka dan keunggulan membeli boneka di Maskot Galeri. Jangan lupa, jika Anda sedang mencari boneka kekinian, Maskot Galeri menyediakan kebutuhan boneka Anda dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk pemesanan, anda bisa menghubungi Maskot Galeri via WhatsApp di nomor 0822 88 55 66 33 atau kunjungi galeri kami di Jl. Alle Raya no. 7B Rempoa, Ciputat Timur,  Tangerang Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.