Kostum Maskot

Definisi Kostum Maskot

“Kostum maskot adalah pakaian dengan desain unik yang mencerminkan logo atau lambang suatu produk atau perusahaan. Desain maskot bisa berbentuk binatang, buah, karakter kartun, atau objek apa saja. Keunikan desain inilah yang membuat maskot terlihat menarik.


Selain desain yang unik, maskot juga identik dengan warna yang cerah. Sehingga ketika maskot berada di keramaian, akan banyak mata yang ingin melihatnya.

KEgunaan Kostum Maskot

Kostum maskot biasa digunakan dalam acara promosi. Dengan desainnya yang unik, maskot ditugaskan untuk menarik banyak konsumen. Sehingga omset penjualan barang atau jasa akan meningkat.


Selain itu, kostum maskot juga banyak dipakai di acara olahraga. Dengan adanya kostum maskot di suatu acara, akan lebih menambah kemeriahan dan semangat para tim saat bertanding.


Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan kostum badut. Seperti akhir-akhir ini ada maskot yang digunakan untuk mensosialisasikan bahayanya virus corona dan pentingnya penggunaan masker dan mencuci tangan.

DesaIn Kostum Maskot

Setiap organisasi, tim, atau perusahaan pasti memiliki desain maskot yang berbeda-beda. Setiap desain tentu memiliki makna masing-masing yang diharapkan mampu membawa keberuntungan bagi organisasi, tim, atau perusahaan tersebut. Namun, tidak mudah untuk menentukan desain menarik dan sesuai harapan karena diperlukan keahlian dan keterampilan desain.


Untuk mendesain sebuah maskot sesuai harapan, bukan hanya visualnya yang harus mendapatkan perhatian, tapi fungsinya juga harus disematkan. Percuma jika memiliki visual menarik, tapi jika tidak bisa berfungsi seperti harapan. Itulah mengapa penting rasanya untuk menyeimbangkan desain dan fungsi dari maskot. Berikut beberapa langkah untuk membuat desain suatu maskot :

1. Berawal dari Logo

Sebagian besar organisasi atau perusahaan membuat maskot berdasarkan logo digital yang sudah ada. Sehingga, sebagai langkah awal, desain 2D harus diubah menjadi karakter 3D untuk penyesuaian agar kostum bisa seimbang. Untuk itu, diperlukan desain tambahan untuk membuat logo tersebut menjadi kostum sesuai yang diharapkan.


Desain sebuah maskot yang dibuat perlu mengakomodasi pemain di dalamnya. Sehingga fitur seperti lubang kaki atau lengan perlu ditambahkan agar kostum bisa digunakan. Meskipun terjadi sedikit perubahan pada desain logo, merek harus tetap mudah dikenali.

2. Buat Desain sesuai Proporsi Manusia

Kostum maskot nantinya akan dikenakan oleh manusia sehingga pembuatan desainnya juga harus disesuaikan dengan proporsi manusia agar bisa digunakan. Apabila kostum ini tidak sesuai dengan proporsi manusia, sang pemain pun akan merasa tidak nyaman saat berada di dalamnya.


Perhatikan kisaran ukuran tubuh manusia, mulai dari tinggi badan, panjang lengan, panjang kaki, lubang kaki dan lengan. Jangan membuat desain sebuah maskot dengan ukuran yang mepet karena hal ini akan menyulitkan orang di dalamnya untuk bergerak. Berikan sedikit ruang, sekitar tiga inci dari tinggi badan orang yang memakainya.

3. Batasan Ukuran Kostum Maskot

Maskot yang berukuran besar dan lebar tentu dapat menyita perhatian banyak orang. Namun Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara membawanya ke dalam ruangan. Meskipun kostum maskot digunakan di luar ruangan, nantinya juga akan disimpan di dalam jika tidak digunakan lagi. Sehingga Anda harus memperhatikan ukuran.


Pada umumnya, langit-langit memiliki tinggi delapan kaki dan ambang pintu berukuran sekitar 18 sampai 36 inci. Pertimbangan ukuran ini, akan membantu Anda dalam membuat desain kostum yang sesuai kebutuhan. Ukuran kostum yang terlalu tinggi dan besar juga dirasa kurang efektif karena dapat membatasi kinerja orang di dalamnya.

4. Sarung Tangan dan Kaki

Sepatu pada kostum maskot biasanya dibuat lebih besar sehingga menyulitkan orang di dalamnya untuk bergerak atau pun berlari. Padahal, sepatu besar ini cukup berbahaya karena bisa membuat orang tersandung. Oleh karena itu, lebih baik jika menggantinya dengan sepatu lebih kecil agar lebih fungsional dan efektif.


Begitu juga dengan desain maskot bagian sarung tangan. Tangan berguna untuk berinteraksi, seperti bersalaman, memegang benda dan lain sebagainya. Daripada membuat sarung tangan dengan tiga atau empat jari, lebih baik jika membuat sarung tangan dengan lima jari sehingga mobilitas yang meningkat pun tidak akan menjadi masalah.

5. Memenuhi Persyaratan Visibilitas

Pergerakan orang di dalam kostum maskot ini tidak hanya bergantung pada bentuk dan besar tidaknya kostum yang digunakan, melainkan juga lubang penglihatan. Apabila lubangnya terlalu kecil atau tingginya yang tidak sesuai dengan mata, maka akan menyulitkan orang di dalamnya untuk bergerak. Sehingga kostum maskot harus memenuhi persyaratan visibilitas.


Merancang kostum badut maskot untuk mempresentasikan merek secara akurat merupakan sesuatu hal yang tidak mudah dilakukan. Akan tetapi akan menjadi mudah jika Anda mempercayakannya pada kami. Maskot Galeri siap membuat kostum maskot sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Jadi, langsung hubungi kami untuk dapatkan desain maskot terpercaya.