10 Langkah Membuat Topeng Badut

Pernahkah Anda berniat untuk membuat topeng badut untuk maskot sekolah atau usaha Anda? Mengingat kostum badut memang banyak dibutuhkan akhir-akhir ini. Selain untuk memeriahkan suatu acara, kostum badut bisa digunakan untuk media promosi yang lebih efektif dan efisien.

Harga kostum badut memang lebih tinggi dibandingkan jenis pakaian lain pada umumnya. Hal ini disebabkan bahan material yang digunakan untuk membuat kostum badut jauh lebih banyak dibandingkan pakaian biasa. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba membuat kostum badut maskot Anda sendiri.

Membuat kostum badut sebetulnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Yang paling penting, Anda harus mempersiapkan budget terlebih dahulu. Untuk membuat satu kostum badut, kurang lebih membutuhkan biaya 1jt rupiah. Setelah Anda menyiapkan modalnya, Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Bagian tersulit dalam membuat kostum badut adalah di bagian kepala atau topeng. Untuk itu, kami akan membagikan beberapa cara untuk membuat topeng badut terlebih dahulu, sebelumnya langkah membuat bajunya. Membuat kepala badut, hampir sama dengan memahat suatu patung. Dibutuhkan rasa seni yang tinggi dan kesabaran ekstra untuk hasil terbaik.

ALAT & Bahan MEMBUAT TOPENG BADUT

Pastikan Anda memilih material yang benar-benar bagus dan terpercaya. Jika material yang dibutuhkan disiapkan dengan baik, maka hasil didapatkan pun akan lebih menarik. Siapkan pula peralatan yang harus digunakan agar ketika Anda membutuhkannya tidak mencari-cari lagi.

Bahan-bahan :

  • Lem Fox Kuning

  • Busa 3cm

  • Bahan Bulu boneka

  • Jaring kawat

  • Kipas PC

Alat-alat :

  • Gunting

  • Jarum Jahit

  • Pisau Cutter

  • Benang

  • Spidol

Cara Mudah Membuat Topeng Badut


1. Potonglah material busa dengan bentuk kotak. Buatlah sketsa dengan menggunakan spidol. Lubangilah bagian tengah lapis demi lapis untuk membuat ruangan kepala Anda. Pastikan Anda mendapatkan ruang dalam badut sesuai dengan ukuran yang diinginkan.


2. Pastikan Anda mendapatkan ukuran baik dan pas. Jangan biarkan terlalu sesak karena akan membuat orang yang menggunakan pengap dan bisa pingsan. Cobalah kenakan pada kepala Anda. Mintalah pendapat orang lain dengan kotak kepala yang belum jadi tersebut.


3. Ketika dipastikan sudah pas, Anda bisa mulai mengukirnya dengan pisau cutter dan ampelas untuk menghaluskan. Lakukan dengan hati-hati. Pastikan semirip mungkin dengan karakter yang ingin Anda tampilkan pada kostum tersebut. Perhatikan bentuk bagian bawah kepala karena nantinya akan diletakkan di atas bahu. Jangan sampai ini membuat orang di dalamnya terlalu berat ketika memakainya.


4. Jangan lupa, ventilasi merupakan kunci yang penting dalam pembuatan. Sehingga, orang yang ada di dalamnya tidak akan terlalu kepanasan dan berkeringat. Belilah kipas untuk PC, untuk membantu mengeluarkan udara panas dalam kostum. Buat pula ventilasi dengan melubangi bagian mata. Pasangkan jaring kawat kecil agar membuatnya lebih bagus.


5. Iris saluran ventilasi pada bagian mulut untuk memasukkan udara pernafasan. Ciptakan ruangan yang tepat sebelum mengelemnya.

Ayo … Topeng BAdut kamu sudah 50%