10 Cara Membuat Topeng Badut Pasti Berhasil

Cara Mudah Membuat Topeng Badut

kostum badut

Sebenarnya, membuat topeng badut membutuhkan keahlian khusus. Jika Anda membutuhkan topeng untuk acara atau kegiatan yang bersifat sementara seperti memberikan kejutan, membuat foto unik dan lain lain, kami sarankan untuk membeli saja.

Kami menjual aneka topeng mulai dari yang lucu hingga yang paling menyeramkan sekalipun. Atau jika Anda membutuhkan topeng dengan desain Custom, kami pun sangat siap membantu Anda.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda berniat untuk membuat topeng badut untuk maskot sekolah Anda atau usaha Anda sendiri. Mengingat kostum badut memang banyak dibutuhkan akhir-akhir ini. Selain untuk memeriahkan suatu acara, kostum badut bisa digunakan untuk media promosi yang lebih efektif dan efisien.

Harga kostum badut memang lebih tinggi dibandingkan jenis pakaian lain pada umumnya. Hal ini disebabkan bahan material yang digunakan untuk membuat kostum badut jauh lebih banyak dibandingkan pakaian biasa. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba membuat kostum badut maskot Anda sendiri.

Membuat kostum badut sebetulnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Yang paling penting, Anda harus mempersiapkan budget terlebih dahulu. Untuk membuat satu kostum badut, kurang lebih membutuhkan biaya 1jt rupiah. Setelah Anda menyiapkan modalnya, Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Bagian tersulit dalam membuat kostum badut adalah di bagian kepala atau topeng. Untuk itu, kami akan membagikan beberapa cara untuk membuat topeng badut terlebih dahulu, sebelumnya langkah membuat bajunya. Membuat kepala badut, hampir sama dengan memahat suatu patung. Dibutuhkan rasa seni yang tinggi dan kesabaran ekstra untuk hasil terbaik.

ALAT & BAHAN MEMBUAT TOPENG BADUT

Pastikan Anda memilih material yang benar-benar bagus dan terpercaya. Jika material yang dibutuhkan disiapkan dengan baik, maka hasil didapatkan pun akan lebih menarik. Siapkan pula peralatan yang harus digunakan agar ketika Anda membutuhkannya tidak mencari-cari lagi.

Bahan :

  • Busa 3cm
  • Bahan Bulu
  • Jaring kawat
  • Kipas PC
  • Lem Fox Kuning

Alat :

  • Gunting
  • Jarum Jahit
  • Pisau Cutter
  • Benang
  • Spidol
Langkah 1

1. Potonglah material busa dengan bentuk kotak. Buatlah sketsa sesuai desain dengan menggunakan spidol. Lubangilah bagian tengah lapis demi lapis untuk membuat ruangan kepala Anda. Pastikan Anda mendapatkan ruang dalam topeng sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Jangan membuatnya terlalu sempit, karena akan menimbulkan efek yang lebih panas ketika digunakan.

Langkah 2

2. Pastikan Anda mendapatkan ukuran yang baik dan pas. Jangan biarkan terlalu sesak karena akan membuat orang yang menggunakan pengap dan bisa pingsan. Cobalah kenakan pada kepala Anda. Mintalah pendapat orang lain dengan kotak kepala yang belum jadi tersebut.

Langkah 3

3. Ketika dipastikan sudah pas, Anda bisa mulai mengukirnya dengan pisau cutter dan ampelas untuk menghaluskan. Lakukan dengan hati-hati. Pastikan semirip mungkin dengan desain karakter yang ingin Anda tampilkan pada kostum tersebut. Perhatikan bentuk bagian bawah kepala karena nantinya akan diletakkan di atas bahu. Jangan sampai ini membuat orang di dalamnya terlalu berat ketika memakainya. Karena masih ada beberapa proses lagi, seperti penambahan bahan bulu luar yang nantinya akan menambah berat toepeng.

Langkah 4

4. Jangan lupa, ventilasi merupakan kunci yang penting dalam pembuatan topeng. Sehingga, orang yang ada di dalamnya tidak akan terlalu kepanasan dan berkeringat. Belilah kipas PC, untuk membantu mengeluarkan udara panas dalam kostum. Buat pula ventilasi dengan melubangi bagian mata. Pasangkan jaring kawat kecil agar membuatnya lebih bagus. Ketika memasang jaring kawat, perhatikan bagian sisi kawat. Pastikan tidak sisa potongan kawat yang tajam. Hal ini sangat berbahaya. Karena topeng biasanya akan digunakan untuk gerakan yang aktif atau aksi yang menarik, sehingga sisa kawat yang tajam bisa melukai pengguna topeng.

Langkah 5

5. Iris saluran ventilasi pada bagian mulut untuk memasukkan udara pernafasan. Ciptakan ruangan yang tepat sebelum mengelemnya. Jangan lupa untuk selalu mencobanya dan meminta orang lain untuk mencoba agar Anda bisa menghasilkan topeng yang nyaman dan sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah 6

6. Tentukan di mana bagian mata dan buatlah ruangan tersebut. Pastikan uji dengan mencobanya terlebih dahulu sebelum menempelkan material mata pada lubang mata. Sehingga, badut maskot dapat dipastikan bisa melihat ketika beraksi.

Langkah 7

7. Sisipkan kipas di space yang telah ditentukan. Longgarkan pula space untuk meletakkan baterai. Jangan lem bagian ini agar bisa mengeluarkan dan memasang kembali.

Langkah 8
Topeng Badut

8. Setelah semua dilem dan dipasang, biarkan mengering sebelum menambahkan bulu. Jika Anda memasang bulu ketika belum kering, topeng badut yang dihasilkan menjadi lebih lembek, tidak kuat sehingga tidak tahan lama atau mudah rusak.

Langkah 9

9. Setelah semuanya terpasang pada tempatnya dan Anda sudah puas dengan ruang interior dan ventilasi, Anda dapat mulai merekatkan semua lapisan. Gunakan perekat semprot atau lem yang kuat. Setelah semua potongan di satukan dan dikeringkan, Anda dapat melakukan pembentukan dan ukiran akhir sesuai yang Anda inginkan. Ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk memperbaiki keadaan sebelum menambahkan bulu.

Langkah 10

10. Lanjutkan menambahkan bulu. Gunakan perekat atau lem yang sama untuk merekatkan bahan bulu. Jika menemui lekukan, Anda bisa memotong bahannya atau membuat cubitan sesuai dengan dengan lekukan tersebut. Proses pembuatan telinga (opsional) pada dasarnya adalah proses yang sama. Bentuk atau ukir busa sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan. Aplikasikan bulunya dan pasang di topeng dengan menggunakan jahitan tangan atau jelujur.

Kesimpulan

Tidak terlalu sulit bukan? Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Selain cara di atas, sebenarnya masih banyak lagi cara membuat topeng. Dan salah satu yang paling populer adalah dengan menggunakan fiber.

Topeng dengan bahan dasar fiber memiliki keunggulan hasil akhir yang sangat menarik. Seperti topeng mickey mouse di Disney Land contohnya. Dengan bahan dasar fiber dan pada bagian luar didempul kemudian di cat, sungguh memberikan efek yang begitu nyata.

Namun topeng dengan bahan dasar fiber memiliki kekurangan yaitu berat ketika digunakan. Sehingga diperlukan energi ekstra jika Anda akan memnggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Selain hasil akhir yang fantastis, topeng dengan bahan dasar fiber ini juga memliki keunggugalan yaitu lebih awet dan tahan lama. Dengan sifat fiber yang keras dan kuat, menjadikan topeng jenis ini sangat kuat walaupun diduduki atau diinjak orang dewasa sekalipun.

Sangat berbeda dengan topeng dengan bahan dasar busa. Karena sifat busa yang ringan dan mudah kempis, membuat topeng dari bahan ini sangat mudah rusak.

Sekian info dari kami, bagi Anda yang tidak ingin ribet, Anda bisa membelinya di tempat kami. Kami menjual beraneka jenis kostum badut maskot maupun kostum badut karakter. Kami juga menjual topeng badut secara terpisah. Ayo pesan topeng badut sesuai dengan karakter yang diinginkan.